Prediksi 5 Usaha yang Akan Menjadi Trending Bisnis Tahun 2019

Tahun 2018 akan segera berakhir, dalam waktu dua bulan kita semua akan menyongsong tahun baru yaitu tahun 2019. Begitupu dunia usaha, Pasti akan ada trending bisnis baru di tahun 2019.

Biasanya di tahun baru tersebut banyak orang yang memiliki resolusi perubahan yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Resolusi yang diinginkan pun beraneka ragam, contohnya dalah hal jodoh, pekerjaan, keluarga, dan juga bisnis. Nah, untuk poin yang terakhir apakah Anda juga ingin mulai berbisnis di tahun 2019 nanti? Apakah Anda sudah merasa bosan untuk menjadi pegawai? Ataukah Anda ingin mencoba bisnis terbaru di tahun tersebut?

Jika jawaban Anda Iya, maka Anda perlu menyimak artikel ini hingga usai. Pasalnya, dalam pembahasan berikut akan dipaparkan mengenai bisnis trendi di tahun 2019.

Berbicara tentang bisnis trending sendiri, pasti akan berpikir tentang keuntungan dan diminatinya bisnis yang akan Anda jalankan.

Lalu, bisnis trending apa sajakah yang bisa Anda geluti di tahun 2019 tersebut ? Dan Inilah Jawabannya!

Prediksi Macam Bisnis Trending Di Tahun 2019

1. Bisnis Design Grafis

Untuk Anda yang hobi dalam bidang design, di tahun 2019 nanti ada kabar gembira yang menanti Anda. Seiring dengan tahun politik di Indonesia, maka bisnis design pun akan semakin dibutuhkan.

Ya, para calon legislatif di berbagai daerah tentu memerlukan alat peraga untuk bisa berkampanye. Alat peraga yang digunakan biasanya seperti spanduk, baligho, banner, poster, gantungan kunci dan lain sebagainya.

Tentu saja mereka pun memerlukan jasa design grafis untuk bisa membuat tampilan alat peraganya menjadi enak dilihat.

Baca juga : 10 Trend bisnis yang diminati anak muda jaman sekarang

Selain karena tahun politik, jasa design grafis ini diperlukan seiring dengan bertumbuhnya para pebisnis. Mereka pasti memerlukan alat-alat untuk marketing dari mulai logo, design packaging produk, flyer, kartu nama dan lain sebagainya.

Modal yang diperlukan untuk bisa membuka jasa design grafis adalah memiliki laptop atau komputer. Selain itu juga diperlukan sebuah aplikasi atau software yang bisa mengedit atau membuat design tersebut.

Untuk bisa mempromosikan jasa tersebut bisa lewat sosial media. Jangan lupa untuk pula untuk bisa bekerja sama dengan sebuah website yang bisa menawarkan jasa freelance untuk design grafis.

2. Bisnis Digital Agency

kerja menjadi Design Online
Kerja menjadi Design Online

Bisnis yang akan trending di tahun 2019 berikutnya adalah bisnis digital agency. Bisnis tersebut merupakan sebuah bisnis yang menawarkan jasa untuk iklan atau promosi dengan memanfaatkan media sosial seperti youtube, facebook, Instagram, dan lain sebagainya.

Biasanya jasa ini sangat diperlukan oleh perusahaan yang bergerak dalam digital untuk mempromosikan produknya lebih luas lagi.

Baca juga : 5 kerja online yang bisa menambah penghasilan Anda

Pihak digital agency akan melakukan sebuah tahapan pemasaran dengan melakukan :

  • Melakukan analisa terhadap masalah yang dihadapi kliennya. Biasanya masalah tersebut berasal dari pembuatan produk, penjualan, dan juga pengembangan produk tersebut.
  • Tahap analisa ini adalah tahap yang sangat penting karena untuk bisa melangkah ke tahap selanjutnya.
  • Setelah tahapan analisa selesai, langkah berikutnya adalah menentukan strategi media yang akan digunakan dalam promosi.
  • Bila klien setuju, maka bisa langsung didistribusikan kepada tim IT, Desgin Grafis, media sosial untuk ditindak lanjuti membuat konten atau membuat packing yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan klien.

Hal yang harus Anda persiapkan dalam membangun digital agency ini adalah menyiapkan tim yang sesuai dengan divisi yang dibutuhkan. Biasanya yang diperlukan adalah marketing komunikasi, keuangan, design grafis, IT, copy writer.

Tidak harus memiliki kantor atau bisa pula menjadikan salah satu rumah tim sebagai basecamp untuk bekerja. Promosi yang dilakukan bisa dengan media sosial atau bisa menawarkan langsung kepada jaringan yang Anda miliki.

Bisnis tersebut akan menjadi trending di 2019, mengingat saat ini sudah banyak perusahaan yang beralih pada digital untuk pemasarannya.

Karena itu, diperkirakan pada tahun depan akan semakin meningkat dan menjadi prospek yang menjanjikan untuk Anda yang bergerak dalam bisnis tersebut.

3. Bisnis Food Truck

Semua pasti sepakat bahwa bisnis kuliner ini tidak akan ada habisnya bahkan akan semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Bisnis kuliner ini memang soal lidah, jadi ketika cocok maka akan terus dibeli dan menjadi pelanggan setia.

Walaupun begitu, tetap saja harus memiliki sebuah inovasi yang baru agar bisa menarik pelanggan baru. Inovasi tersebut bisa Anda lakukan dengan membuat sebuah bisnis food truck. Food truck ini menggunakan mobil truck yang dimodifikasi menjadi tempat yang bersahabat dan multifungsi.

Baca juga : 42 ide usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa Anda lakukan

Selain merupakan bagian dari inovasi membuat makanan, dengan menggunakan food truck Anda tidak perlu menyewa tempat. Uniknya lagi, food truck bisa digunakan untuk keliling berbagai daerah.

Di luar negeri, model bisnis food truck ini tengah menjamur. Di Indonesia sendiri kemungkinan besar akan semakin berkembang terlebih di tahun 2019 nanti.

Modal yang diperlukan untuk membuka bisnis food truck ini adalah mobil truck, modifikasi untuk mobil, peralatan makanan, bahan baku makanan. Untuk promosi, bila dilakukan menggunakan media sosial agar tidak banyak memakan biaya.

Jangan lupa untuk sering mengikuti kegiatan bazar makanan, karena banyak pula bazar outdoor yang memfasilitasi pengusaha food truck untuk memasarkan makanan jualannya.

Walaupun memerlukan modal yang cukup besar, tapi percayalah modal tersebut akan tergantikan bila Anda memiliki produk berkualitas serta pemasaran yang tertarget dengan baik.

4. Bisnis PPOB

Bisnis Payment Point Online Bank atau dikenal dengan PPOB pun diprediksi akan menjadi bisnis trendi di tahun 2019. Walaupun sudah ada di tahun-tahun sebelumnya, geliat masyarakat saat ini semakin sadar akan perlunya membayar segala macam kebutuhan utama di tempat yang mudah dijangkau.

PPOB di sini mencakup pembelian pulsa, pembayaran listrik, air, pembayaran asuransi bpjs, cicilan motor, dan lain sebagainya. Seperti yang diketahui bersama kebutuhan di atas telah menjadi sebuah kebutuhan utama yang pasti akan dilakukan setiap bulannya.

Bila Anda berada pada daerah yang sulit dengan pembayaran PPOB, maka dengan membuka bisnis tersebut akan semakin melejitkan bisnis Anda.

Modal yang diperlukan dalam bisnis ini pun bisa menggunakan smartphone atau laptop yang terhubung dengan koneksi internet.

Sekilas keuntungan yang akan didapatkan memang tidak akan sebanyak bisnis lain. Namun bisnis menyangkut bisnis kebutuhan utama yang pasti akan selalu dibutuhkan.

Untuk memulai bisnis ini bisa dengan mengikuti keanggotan sebuah layanan pembayaran PPOB. Biasanya yang diperlukan adalah modal utama deposit dari mulai Rp 300 ribu hingga jutaaan rupiah.

Bisa pula join dengan sebuah bank yang biasanya memberikan layanan kemitraan untuk membuka bisnis PPOB tersebut.

Promosi yang bisa Anda lakukan bisa dengan membuat spanduk yang dipasang di rumah ataupun flyer digital untuk disebarkan lewat sosial media.

5. Bisnis Aksesoris Handphone dan Laptop

Bisnis pun diprediksi akan menjadi bisnis trending di tahun 2019. Pasalnya, seiring dengan banyaknya penggunan smartphone di era ini, maka kebutuhan akan aksesoris handphone pun meningkat.

Aksesoris handpone dan laptop yang dimaksud adalah seperti earphone, cashing hp, baterai, power bank, dan lain sebagainya.

Bisnis ini memang sudah ada di tahun sebelumnya, namun tidak ada salahnya untuk bisa berinovasi membuat aksesoris yang lain dari biasanya.

Artinya, Anda bisa mengikuti trend yang sedang digemari di tahun tersebut. ataupun bisa memproduksi aksesoris yang disesuaikan dengan target penjualan Anda.

Jika sudah banyak toko yang menjual aksesoris tersebut, maka untuk melakukan promosinya bisa dilakukan secara online.

Karena online sudah menjadi gaya hidup masyarakat hari ini, maka untuk memudahkan mereka Anda bisa menangkap peluang tersebut untuk menjualnya secara online.

Anda pun bisa membuat sebuah inovasi dengan membuat cashing hp sesuai dengan keinginan pelanggan. Tentu saja, hal itu dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik dan inovasi dalam memasarkan produk yang dimiliki

Bila dilakukan secara online, maka tidak perlu menyiapkan modal untuk sewa tempat. Dan yang harus diperahtikan adalah temukan mitra pembuat aksesoris yang sesuai dengan hati Anda.

Sebelum Memulai Bisnis, Lakukan Tips Berikut ini!

Setelah Anda mengetahui macam-macam bisnis trending di tahun 2019, maka sebalum memulainya ada beberapa hal yang harus dilakukan, seperti :

  • Tentukan Jenis Usaha

Banyaknya jenis bisnis yang ada, maka sudah saatnya Anda menentukan bisnis yang akan dijalani. Penentuan tersebut bisa sesuai dengan minat Anda, sesuai tempat, ataupun target marketing yang akan Anda bidik.

Dengan membuat penentuan ini, maka Anda memiliki arah yang jelas untuk membuat planning, penyiapan modal, dan juga pemasarannya.

Namun yang pasti, bisnis akan berkembang dengan baik apabila Anda memiliki kemampuan dan minat tinggi dalam bidang tersebut.

Contohnya, Anda senang makan makanan yang manis seperti berbagai macam jenis kue. Nah, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka toko kue. Atau Anda menyenangi dunia fashion, maka bisa membuka toko fashion.

  • Belajar tentang Ilmu Bisnis

Saat ini sudah banyak training, workshop, seminar yang bertemakan bisnis. Para pembicaranya pun adalah para pebisnis yang sudah expert di bidangnya. Mereka akan dengan ikhlas berbagi ilmunya tentang bisnis dari mulai membuka bisnis, peluang, pemasaran, dan lain sebagainya.

Selain mengikuti acara – acara bisnis tersebut, Anda pun bisa bergabung dalam komunitas bisnis. Dimana Anda akan bertemu dengan para pebisnis dalam bidang yang sama ataupun yang berbeda.

Namun, yang pasti dalam komunitas tersebut akan saling menguatkan satu sama lain sehingga apa yang tidak Anda ketahui bisa terbantu oleh mereka.

  • Menyiapkan Modal

Modal menjadi “bahan bakar” utama untuk memulai bisnis. Sekalipun bisnis yang dibuka bersifat kecil-kecilan tetap saja harus menggunakan modal. Modal selalu identik dengan uang.

Tetapi, bila bisnis yang ingin Anda buka seperti bisnis online, design grafis, dan lain sebagainya modal yang bisa Anda miliki bisa berupa gadget ataupun laptop.

Adapun jika harus menyiapkan uang tunai, jangan lupa untuk membuat terlebih dahulu bisnis plan Anda agar modal yang dihitung jelas tidak kurang atau pun lebih.

Penutup

Apapun itu bisnisnya, asalkan memiliki niat yang kuat dan bersungguh untuk menjalankannya maka bisnis tersebut akan mendapatkan keuntungan yang tberlimpah untuk Anda.

Jangan sampai, bisnis yang Anda jalani karena memang sekedar ikut trend saja namun tidak memiliki bisnis plan yang jelas. Karena jika terus melakukan seperti itu, bisnis yang Anda jalankan akan disesuaikan dengan mood dan mudah menyerah ketika sepi pelanggan.

Loading...

Mengikuti bisnis trending memang diperlukan, tetapi apakah bisnis tersebut sudah direncanakan dengan baik mulai dari modal, tempat, target marketing, dan pemasarannya?

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda