10 Usaha Mainan Anak Modal Kecil yang Bisa Anda Coba

Mainan Anak walaupun bukan sebuah kebutuhan utama, tetap saja mainan ini sangat diperlukan. Bila dilihat di jalan, mall atau toko, mainan Anak ini tak pernah sepi pengunjung ataupun tergerus oleh musim.

Oleh karena itu, membuka usaha mainan Anak bisa menjadi alternatif yang baik karena mainan sangat diminat oleh Anak-anak baik itu batita sampai Anak yang sudah memasuki usia SD.

Melihat peluang yang begitu besar, maka mulai banyak bermunculan para pelaku usaha mainan. Jenis usaha mainan anak pun beragam, mulai dari usaha mainan edukatif, penyewaan, mainan anak sd, balita dan masih banyak lagi.

Dan yang terpenting pemasaran mainan Anak bisa dilakukan secara online maupun offline. Walaupun Anda membuka usaha dari rumah jika pemasaran dan promosinya bagus, maka akan mendatangkan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Jika Anda ingin membuka usaha mainan Anak tetapi masih bingung dengan jenis mainan serta modalnya berikut akan kami paparkan mengenai 10 usaha mainan Anak modal kecil yang bisa dilakukan di rumah. Dan berikut ulasannya!

Mengenal Jenis-Jenis Usaha Mainan Anak

1. Usaha Mainan Anak: Miniatur Excavator Mini

Usaha mainan modal kecil
Usaha mainan miniatur mobil-mobilan

Usaha mainan miniatur excavator mini ini sedang hits dan viral di sosial media. Karena banyaknya peminat dari mainan tersebut, maka banyak para pelaku bisnis yang mencoba usaha tersebut dari banyaknya peminat yang didominasi oleh Anak-anak.

Selain menguntungkan secara finansial, membuka usaha mainan ini juga memiliki keuntungan lain yaitu:

  • Anak tidak mudah bosan untuk bermain, karena memainkannya membutuhkan tantangan tersendiri.
  • Menggunakan sistem hidrolik, jadi tidak memerlukan listrik, baterai, atau aki untuk memainkannya.
  • Murah dan Mudah perawatannya.
  • Sangat bagus untuk perkembangan anak terutama dalam melatih konsentrasi, motorik, dan juga perkembangan otak Anak.

Modal yang dikeluarkan Rp 5,5 juta per net, Anda mendapatkan:

  • 5 Excavator
  • 5 truck
  • 5 plastik serbuk kayu
  • 5 kotak tempat excavator
  • 5 timer

Usaha mainan Anak ini bisa dilakukan di rumah atau jika tidak memungkinakan Anda bisa menjadi agen atau distributor dimana pemasarannya bisa melalui online.

2. Usaha Mainan Anak Edukatif

Usaha mainan anak Puzzle
Usaha mainan anak Puzzle

Usaha mainan anak berikutnya adalah mainan yang bersifat edukatif. Artinya, mainan tersebut memang dirancang khusus bisa melatih serta merangsang perkembangan Anak. dari mulai motorik, perkembangan otak, kemampuan berbicara dan lain sebagainya.

Usaha ini sudah banyak yang melakoninya dan diual secara online. Tentunya secara offline pun sudah banyak, hanya mengingat zaman yang serba canggih banyak orang yang ingin mencarinya lewat smartphone.

Kabar baiknya, untuk membuka usaha tersebut bisa dilakukan tanpa modal. Yaitu dengan cara menjadi reseller dari suplier toko online. Jika harus mengeluarkan modal pun tidak akan lebih dari 3 juta rupiah.

Adapun contoh dari mainan Anak edukatif ini adalah sebagai berikut:

  • Puzzle
  • Flash card
  • Balok kayu
  • Wisdom box
  • Tetris balok
  • Alpahabet card,
  • Dan lain sebagainya

3. Usaha Mainan Anak Mobil-Mobilan

Usaha mainan anak miniatur mobil
Usaha mainan anak miniatur mobil

Usaha mainan Anak berikutnya adalah dengan menjual mobil-mobilan. Walaupun jenis dan bahan dari mobil-mobilan ini berbeda tetap saja banyak dicari dan sangat disukai oleh Anak-anak.

Modal yang dikeluarkan untuk membuka mainan ini tidak lebih dari 3 juta. Menariknya modal tersebut bisa kembali dalam jangka waktu 1-3 bulan.

Sebagai contoh, ada seorang pria yang tinggal di wilayah kota besar Indonesia. Hanya dengan mengeluarkan modal 3 juta, dalam waktu sebulan omset yang didapat sekitar 20 juta dengan keuntungan yang didapat sekitar 30 % dari omset tersebut.

Seorang pria tersebut rupanya dengan gigih memasarkan produk mainannya dari pameran satu ke pameran lainnya. Sampai akhirnya dia bisa menyewa toko yang memang tetap laris menjual mobil-mobilan tersebut serta mainan lainnya. ( Sumber http://ukmnews.com)

Mobil-mobilan ini memang sangat disukai oleh Anak laki-laki. Biasanya untuk memilihkan mainan, orang tua tak akan mempersoalkan tentang bahan atau jenisnya. Bagi mereka, yang terpenting adalah Anak senang dan cocok dengan mainan tersebut pasti akan dibelikan.

Jenis usaha mainan mobil-mobilan ini pun beragam bisa menjual mobil remote control, mobil dengan menggunakan baterai, hingga sewa mobil Anak yang sering ditemui di pusat perbelanjaan.

Tentunya jika didukung dengan pemasaran secara online akan menghasilkan omset yang lebih besar lagi.

4. Usaha Mainan Anak Action Figure

jenis mainan anak yang edukatif
Mainan anak yang edukatif

Usaha mainan Anak berikutnya adalah dengan menjual action figure. Seperti yang diketahui bersama, Action figure ini biasanya menampilkan karakter yang sangat disukai Anak-anak baik itu dari anime maupun sebuah kartun.

Maka, ketika mereka melihat “idolanya” dalam versi yang mini tentu saja akan langsung jatuh hati dan meminta orang tua untuk membelikannya.

Melihat peluang usaha tersebut, tentu saja pihak pelaku bisnis pun berbondong-bondong untuk membuat action figure yang disukai dengan Anak-anak.

Baik dari kualitas action figure yang biasa-biasa saja hingga kualitas yang terbaik, mainan Anak tersebut pasti dicari dan laku dipasaran.

Modal untuk menjual mainan tersebut pun beragam tergantung kualitas dan juga bahan. Tetapi yang pasti jika Anda belum memiliki modal masih bisa untuk menjualnya.

Caranya, dengan menjadi reseller dari sebuah toko mainan. Untuk pemasarannya bisa dilakukan secara online maupun offline. Akan lebih baik bila toko mainan tersebut juga menerima sistem dropship sehingga Anda tidak perlu bersusah payah untuk packing.

Jenis mainan action figure yang dimaksud pun beragam dari mulai batman, spiderman, naruto, kapten amerika, hulk, dan lain sebagainya.

5. Usaha Mainan Anak Boneka

Usaha mainan anak boneka lucu
Usaha mainan anak boneka lucu

Tak kalah dengan usaha mainan Anak mobil-mobilan atau action figure, menjual mainan boneka pun sangat menguntungkan.

Bila dilihat dari jenisnya mainan ini sering dibeli oleh anak perempuan. Namun, bila Anak tersebut masih berusia balita bahkan bayi banyak orangtua yang memberikannya sekalipun Anak tersebut laki-laki.

Boneka pun memiliki banyak jenis, ada yang menjualnya dengan menggunakan bahan kain, plastik, dan lain sebagainya.

Sama halnya dengan action figure, bentuk boneka pun dijual sesuai dengan apa yang tengah menjadi hits dikalangan Anak-anak. Sehingga ketika mereka menonton kartun kesayangannya bisa ditemui di dunia nyata dalam bentuk boneka.

Sama halnya dengan membuka usaha mainan Anak mobil-mobilan, modal yang dikeluarkan untuk mainan ini tidak lebih dari 3 juta.

Tentu saja agar mendapat harga murah, Anda bisa membelinya di toko grosir. Namun jika memang belum ada modal sama sekali, Anda bisa menawarkan diri pada distributor atau agen untuk menjadi reseller.

Jangan takut kalau barang tidak akan terjual, karena selain lewat offline Anda bisa menjualnya secara online.

6. Usaha Mainan Anak : Alat Musik

Usaha mainan anak alat musik
Usaha mainan anak alat musik

Usaha mainan berikutnya adalah dengan menjual alat musik untuk Anak. Biasanya alat musik memang ada di toko-toko mainan yang menjual beragam mainan. Namun, tak ada salahnya untuk membuka usaha mainan alat musik Anak secara tersendiri.

Membuat toko alat musik Anak secara khsusus ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang memang terbatas dalam hal modal.

Alat musik yang bisa dijual pun bisa dari bahan plastik sampai dengan kualitas yang benar-benar bagus. Tentunya selain sesuai dengan bahan bisa disesuaikan untuk usia dan juga kebutuhan.

Menjual mainan alat musik ini sangat berpotensi dan juga bermanfaat. Mengingat alat musik ini juga bisa melatih perkembangan otak anak dan perkembangan lainnya.

7. Usaha Mainan Anak : Kolam Portable

Berenang, adalah salah satu aktivitas yang memang sangat disenangi oleh Anak-anak. Pada awalnya mungkin mereka akan takut dengan air, tetapi jika sudah merasakan nikmatnya bermain air mereka akan ketagihan dan sering meminta Ayah Bunda untuk mengajaknya kembali berenang.

Melihat hal tersebut, banyak pelaku bisnis yang memang membuat inovasi baru dengan membuat kolam renang portable. Artinya kolam renang tersebut dibuat dari bahan balon dan kemudian bisa diisi air.

Tentunya pengisian dan penyimpanan kolam tersebut bisa dilakukan dimana saja, asalkan tersedianya sumber air.

Inovasi tersebut tentunya disambut baik oleh para orangtua terutama Anak-anak. dengan begitu, kapanpun dan dimanapun mereka bisa berenang walaupun tinggi dan lebarnya tidak sebesar kolam renang pada umumnya.

Dengan adanya inovasi tersebut bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Anda pun bisa mencoba untuk menjual atau menyewakan kolam renang portable tersebut.

8. Usaha Mainan Anak : Rental atau Sewa Playstation

Seiring dengan berkembangnya teknologi, mainan anak pun mulai beragam salah satunya adalah dengan tersedianya perangkat playstation dengan format 2D dan 3D.

Ada banyak permainan yang bisa dimainkan Anak-anak dalam playstation tersebut. Tetapi plyastation memang diperuntukan untuk Anak-anak yang sudah memasuki usia sekolah dasar dan harus didampingi oleh orangtua.

Melihat antusiasnya Anak-anak terhadap play station ini, maka bisa jadi peluang usaha yang begitu menguntungkan.

Anda bisa membuka rental PS agar Anak-anak yang tidak bisa membeli bisa untuk memainkannya. Karena harga PS sendiri hampiri setara dengan harga smartphone.

Tetapi, jangan paksakan untk membeli lebih dari dua PS, membuka usaha ini bisa dimulai dari yang terkecil terlebih dahulu.

9. Usaha Mainan Anak Odong-odong

Odong-odong pun merupakan mainan Anak yang sangat disenangi oleh mereka. jenis odong-odong pun beragam, bisa dengan menggunakan koin atau dengan dikayuh layaknya sepeda.

tetapi yang menjadi menarik bagi Anak–anak adalah bentuk dari odong–odong sendiri yang beragam serta penuh warna sehingga mereka pun tertarik ingin menaikinya.

Melihat antusiasnya odong-odong tersebut, maka tak ada salahnya apabila Anda membuka usaha ini. Usaha tersebut bisa dipasang di pekarangan rumah. Modal yang dikeluarkan sangat relatif, yaitu lebih dari satu juta.

10. Usaha Mainan Anak Tradisional

Jualan mainan tradisional
Jualan mainan tradisional

Usaha mainan Anak tradisional tergolong jarang dan bisa dibilang hanya dijual ketika musiman saja. Usaha mainan yang dimaksud adalah dengan menjual layang-layang, bekel, congklak, kelereng, dan mainan lainnya.

Di zaman yang serba canggih ini, pasti sangat sulit untuk mendapatkannya kecuali pada saat bulan ramadhan. Hanya saja tak ada salahnya untuk membuka usaha tersebut, karena modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar.

Selain itu, usaha tersebut tak perlu memerlukan tempat cukup dari rumah saja Anda sudah bisa menjualnya.

Penutup

Mainan bagi Anak adalah bukan sekedar untuk bersenang-senang. Tetapi mainan yang ada seringkali memiliki filosofi tersendiri yang bisa membantu perkembangan Anak.

Maka, tak ada salahnya bagi orang tua untuk memberikan mainan-mainan tersebut selama masih aman dan bisa memberikan manfaat untuk mereka.

Selain itu juga bisa memberikan keuntungan tersendiri karena peluang usaha dalam mainan ini begitu besar dan menjanjikan.

Semoga informasi di atas mengenai 10 jenis usaha mainan anak bisa bermanfaat dan menjadi solusi untuk Anda.

Loading...