30 Jenis Bisnis Kuliner Rumahan dengan Modal Kurang dari 5 Juta

Siapapun bisa menjadi pengusaha, baik itu karyawan maupun ibu rumah tangga. Seorang karyawan ditengah kesibukannya bisa memanfaatkan waktu luang sebelum atau sesudah bekerja untuk membuka usahanya. Begitu pun dengan ibu rumah tangga bila urusan rumah tangganya telah selesai dilaksanakan mereka bisa memanfaatkan waktu luang tersebut untuk berjualan.

Peluang jenis usaha yang bisa dibuka pun sangat beragam, salah satunya adalah jenis usaha makanan rumahan. Usaha makanan tersebut masih menjadi favorit semua orang karena memang semua orang menjadikan makanan sebagai kebutuhan pokok yang utama.

Karena itu, jenis usaha makanan rumahan ini bisa dibilang sebagai usaha yang cukup menjanjikan. Untuk membuka usaha ini walaupun tak perlu memerlukan modal lebih untuk tempat, tetap saja harus diperhatikan tentang menu dan kualitas makanan yang akan dijual. Sesuaikan penyajian makanan dengan kemampuan Anda sebagai seorang pengusaha ataupun juru masak.

Tetapi untuk membuka usaha tersebut bukan berarti harus bisa memasak. Anda bisa bertindak sebagai marketing yang menjualkan makanan dari orang lain.

Banyaknya peminat usaha makanan rumahan ini membuktikan bahwa usaha tersebut banyak diminati serta mudah dilakukan.

Penasaran dengan jenis usaha makanan rumahan yang bisa Anda lakukan? Berikut ulasannya dalam 30 Jenis Usaha Makanan Rumahan untuk Karyawan dan Ibu Rumah Tangga

1. Usaha Makanan Bubur Ayam

Hampir di setiap sudut kota, terminal, tempat keramaian, rumah, dan lain-lain di waktu pagi hari terdapat pedagang bubur ayam. Walaupun saat ini sudah ada yang berjualan di malam hari, tetap saja bubur ayam ini masih menjadi sarapan unggulan di pagi hari.

Selain bisa berjualan menggunakan roda, Anda pun bisa membuka usahanya di rumah. Karena itu untuk berjualan bubur ayam tak perlu mengeluarkan modal yang cukup besar. Jenis usaha makanan rumahan ini tentunya sangat diminati oleh berbagai kalangan.

Bubur ayam ini walaupun tergolong sebagai usaha kecil, banyak pula yang sukses menggeluti usaha makanan tersebut.

Salah satunya adalah Bubur Ayam Mang H.Oyo, beliau berasal dari jawa barat dimana bubur ayam yang dijualnya begitu legendaris. Saat ini sudah ada puluhan outlet yang tersebar di wilayah jawa barat.

Keunikan yang dibuat oleh bubur tersebut adalah tak akan tumpah walaupun piring atau mangkok berisi bubur tersebut dibalikkan.

Karena itu beliau adlah bukti bahwasanya bisa mendulang kesuksesan dari jenis usaha makanan rumahan.

Baca juga : 12 Kiat sukses usaha kuliner

2. Usaha Makanan Nasi Kuning atau Nasi Uduk

Selain bubur, sarapan lain yang diminati adalah nasi kuning maupun nasi uduk. Makanan khas dari Indonesia yang sering ditemui di pulau Jawa tersebut sangat diminati oleh berbagai kalangan.

Untuk membuka jenis usaha makanan rumahan ini tentunya tak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Bahan baku untuk membuka usaha ini pun tergolong mudah bisa didapatkan di pasar tradisional ataupun warung yang dekat dengan rumah.

3. Usaha Makanan Gorengan

Bila Anda tidak menyukai makanan berat untuk sarapan pagi hari tak perlu khawatir. Karena di Indonesia sendiri banyak ditemukan penjual gorengan.

Gorengan yang dimaksud antara lain adalah bakwan, tahu goreng, pisang goreng, singkong, tempe goreng, cireng, dan sebagainya.

Biasanya para penjual gorengan pun akan menambah menu lain sebagai pelengkap dari gorengan tersebut, yaitu lontong dan juga cabe rawit.

Pada umumnya jenis usaha makanan rumahan tersebut dijual dengan menggunakan gerobak. Tetapi tidak menutup kemungkinan usaha makanan tersebut bisa dibuka di rumah.

Bahan baku dari gorengan pun tergolong mudah didapatkan yaitu sebagian besar menggunakan terigu sebagai bahan dasarnya.

4. Usaha Makanan Kue Basah Tradisional

Di Indonesia terutama di wilayah jawa barat, banyak sekali ditemukan penjual kue basah tradisional. Kue tersebut diantaranya adalah lemper, kue soes, risoles, onde-onde, dan beragam jenis kue basah tradisonal lainnya.

Usaha Makanan Rumahan

Kue tersebut biasanya selalu dipasarkan pada pagi hari. Setiap pukul 05.00 para agen dari kue tersebut menyerbu tempat pusat pembuatan kue yang berada di wilayahnya masing-masing.

Nah, bila Anda masih bingung dengan pilihan jenis usaha makanan rumahan bisa dimulai untuk menjual aneka kue basah tersebut.

Tak perlu Anda yang membuat kue jika memang belum bisa untuk membuatnya. Cukup menjadi agen dengan mendatangi pusat pembuatan kue tradisional di daerah Anda tinggal.

5. Usaha Makanan Roti Bakar

Jenis usaha makanan rumahan berikutnya yang banyak diminati oleh berbagai kalangan adalah roti bakar. Membuka usaha roti bakar ini tentunya bisa dilakukan oleh siapapun termasuk Anda sebagai karyawan atau ibu rumah tangga.

Bahan baku yang didapat pun tergolong mudah dan bisa dicari dimanapun. Hanya saja Anda pelru untuk berinovasi dalam seg toping yang digunakan.

Zaman sekarang banyak yang menyukai jenis toping yang aneh mulai dari toping manis maupun asin. Karena Anda harus bisa membaca keinginan para pelanggan.

Walaupun tergolong kepada usaha kecil, roti bakar ini bila sudah diterima oleh pelanggan akan berdampak besar dan mendulang pendapatan yang fantastis.

Seperti halnya seorang pemuda yang memilih untuk menjadi pengusaha roti bakar. Dia dalah Lucky Permana yang saat ini dikenal sebagai pengusaha roti bakar comel (cokelat meleleh).

Penghasilan yang didapatnya pun begitu fantastis mencapai omset 120 juta per bulan. Beliau baru menjalankan usaha tersebut selama dua tahun. Namun usahanya begitu cepat dikenal oleh masyarakat luas terutama di ibu kota.

Namanya Lucky Mandala : Bisa dibaca selengkapnya di  http://ideusahabisnis.com/lucky-mandala-putera-berhenti-jadi-karyawan-sukses-bisnis-roti-bakar-comel/

6. Usaha Makanan Martabak Mini

Seperti yang diketahui bersama, makanan martabak pada umumnya dikenal dengan bentuk yang besar disertai toping manis maupun asin. Namun, saat ini jenis makanan tersebut sudah bisa didapatkan dengan ukuran yang lebih kecil atau mini.

Rupanya dengan ukuran yang lebih kecil tersebut membuat orang-orang tertarik untuk membelinya. Bahkan diantara mereka ada yang ingin membuka usaha tersebut. kini, usaha makan tersebut sudah bisa ditemukan di tempat keramaian dengan menggunakan gerobak.

Selain menggunakan gerobak, usaha tersebut bisa dijajakan di rumah tanpa harus menggunakan alat tersebut. Tentunya yang harus dipersiapkan adalah tempat pembuatan martabak serta bahan bakunya.

Jenis usaha makanan rumahan tersebut bisa untuk berbagai kalangan serta tergolong mudah untuk membuatnya. 

7. Usaha Warteg

Tak dipungkiri usaha warteg ini cukuplah menggiurkan. Selain dikenal dengan harga yang murah dan terjangkau banyak macam pilihan makanan yang bisa dipilih oleh pelanggan.

Jika Anda memiliki basic memasak membuka usaha warteg tersebut bisa menjadi solusi. Tentunya Anda harus siap dengan memasak berbagai macam makanan baik itu sayuran, daging, sop, goreng-gorengan dan lain sebagainya.

Jenis usaha makanan rumahan ini rata-rata banyak dilakukan di rumah. Dan tentunya sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang.

Untuk karyawan memang masih tergolong sulit, namun bukan menjadi penghalang, Anda bisa menjadi tim marketing yang menawarkan makanan untuk keperluan makan siang para karyawan lainnya.

8. Usaha Makanan Asinan Sayuran dan Buah-Buahan

Jenis usaha makanan rumahan berikutnya adalah dengan menjual asinan sayuran dan buah-buahan. usaha makanan tersebut mungkin banyak ditemukan di kota Bogor, Jawa Barat. Namun alasannya untuk membuka usaha tersebut adalah bahan baku yang mudah untuk didapat.

Seperti yang diketahui bersama, Indonesia adalah negara yang subur serta mampu menghasilkan berbagai macam sayuran serta buah-buahan. Karena itu bisa Anda memanfaatkan untuk membuat asinan sayuran dan buah-buahan.

Tentunya bila Anda belum mahir untuk membuatnya bisa untuk belajar terlebih dahulu. Namun, secara keseluruhan membuka usaha ini tak sulit karena bahan baku yang digunakan cukup mudah untuk didapatkan.

9. Usaha Makanan Ringan

Selain makanan berat, makanan lain yang paling banyak disukai adalah makanan ringan yang bersifat tradisional maupun kekinian.

Contohnya makanan ringan yang paling banyak dicari adalah keripik singkong dengan bumbu pedas, kerupuk kulit, macroni kering, seblak kering, batagor kering, aneka macam kacang-kacangan, dan makanan lainnya yang banyak ditemui di pasaran.

Untuk menjual usaha tersebut Anda tak perlu untuk membuatnya sendiri. Tentunya Anda bisa mengambil bahan baku tersebut bekerja sama dengan pembuat makanan ringan tersebut. Yang bisa Anda lakukan adalah mengemasnya dengan kemasan terbaik dan unik agar menarik minat pembeli.

Tentu saja usah tersebut masuk dalam kategori jenis usaha makanan rumahan. Diimana Anda  bisa menyimpan dan menjajakannya di rumah sendiri tanpa harus menyewa tempat.

10. Usaha Makanan Frozen Food

Usaha makanan beku atau populer dengan istilah frozen food ini sudah mulai cukup familiar di Indonesia. Contoh dari frozen food ini adalah sosis, nugget, siomay, kentang goreng, dan lain-lain.

kini, frozen pun terdapat berbagai macam varian rasa dan olahan. Salah satunya adalah bisa dicampur dengan sayuran.

Untuk membuka jenis usaha makanan rumahan tersebut salah satunya harus memiliki modal lemari es agar makanan tetap beku dan sesuai dengan tenggang waktu kadaluarsanya.

11. Usaha Makanan Seblak

Makanan yang berasal dari jawa barat ini begitu populer dikalangan masyarakat Indonesia khususnya pulau Jawa.

Makanan ini dikenal sebagai makanan yang berbahan dasar kerupuk. Seblak ini bisa dikatakan sebagai makanan cemilan basah maupun kering. Rasa yang khas dan melekat pada makanan ini adalah pedas serta bisa ditambah toping lain seperti ceker ayam.

Biasanya untuk menjual seblak bisa ditemukan di tempat keramaian, seperti pusat perbelanjaan, sekolah, ataupun komplek perumahan.

Tentu saja usaha ini bisa dilakukan di rumah dan sangat cocok untuk para ibu rumah tangga. Jangan heran, bila peminat seblak ini adalah anak-anak maupun remaja karena memang harganya murah, terjangkau serta enak untuk disantap.

Dan yang terpenting adalah bahan baku jenis usaha makanan rumahan tersebut mudah didapatkan. Bahkan, di pasar tradisional sudah tersedia bahan baku omplit berserta bumbu seblak yang digunakan. Tugas Anda adalah tinggal mengolahnya agar menjadi makanan siap santap.

12. Usaha Makanan Keripik Buah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahan baku buah-buahan sangat mudah didapatkan di Indonesia. Karena itu, buah-buahan tersebut sangat potensial untuk dibuat atau diolah menjadi makanan yang siap untuk dijual.

Selain asinan atau rujak, Anda pun bisa mengolahnya menjadi keripik buah. Seperti yang sudah ada di kota paling Timur Pulau Jawa, Keripik buah tersebut menjadi favorit warga setempat maupun para wisatawan.

Jika belum mampu untuk membuatnya sendiri, seperti biasa Anda bisa menjadi marketing yang tentunya bisa dipasarkan secara online maupun membuka outlet di ruamh. Bila Anda menekuninya dengan serius akan menjadi jenis usaha makanan rumahan yang cukup unik dan menarik.

13. Usaha Makanan Aneka Baso

Baso adalah makanan cemilah atau makanan utama yang tidak bisa dipisahkan dari penduduk Indonesia. Beragam jenisn baso tengah merajai industri makanan Indonesia sejak dulu.

Makanan yang terbuat dari terigu dan juga daging tersebut menjadi favorit banyak kalangan. Bahkan, di zaman canggih ini telah hadir anek baso dengan varian rasa yang menggoda.

Melihat potensi yang luar biasa dari baso tersebut, tentunya tak ada salah untuk Anda membuka usaha tersebut.

Bila belum mampu untuk membuat sendiri, saat ini terdapat pusat toko yang menjual baso untuk dijual kembali. Selain baso sudah tersedia pula bumbu dari baso tersebut. Jadi tugas Anda adalah tinggal mengolahnya atau menjualnya kembali.

Tentunya usaha ini masuk dalam kategori jenis usaha makanan rumahan. Dimana Anda tak perlu menyewa tempat untuk membukanya.

14. Usaha Makanan Aneka Mie

Usaha makanan berikutnya yang bisa Anda buka dari rumah adalah menjual aneka mie. Mie di Indonesia sendiri masih menjadi makanan instant favorit pertama. Banyak pelaku industri makanan yang berlomba-lomba memmbuat produk tersebut.

Maka, jangan heran bila di Indonesia ini tersedia beragam variasi rasa dari mie. Mie ini bisa dibilang sebagai makanan favorit semua kalangan dan juga umur.

Penyajiannya yang begitu instant dan cepat membuat semua orang ingin terus-menerus membeli dan juga menyantapnya.

Karena potensinya yang begitu besar, maka Anda pun bisa membuka sebuah warung kecil-kecilan di rumah dengan menjual beraneka macama rasa mie.

Loading...

Tentunya akan lebih disukai bila mie tersebut tersedia berbagai macam toping yang biasa disajikan bersama mie. Contohnya adalah telur, sosis, baso, sayuran, siomay, tahu dan lain sebagainya.

Keuntungan dari jenis usaha makanan rumahan ini memang tidak seberapa. Tetapi bila dikerjakan dengan tekun, dengan sendirinya akan membawa berkah untuk Anda asalkan mau terus berinovasi.

15. Usaha Makanan Membuat Kue

Usaha kue dengan nama dan rasa yang unik tentunya sedang diminati. Para artis ibu kota pun berbondong-bondong membuka usaha kuliner ke tersebut yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Tentunya untuk membuka usaha kue ini tak perlu mengikuti trend para artis, tugas Anda adalah membuat kue sesuai yang minati dan bisa untuk dilakukan.

Membuka usaha kue ini tentunya bisa dilakukan di rumah, Anda bisa “menyulap” bagian dapur rumah menjadi tempat pembuatan kue.

Menjelang hari raya terutama lebaran, permintaan kue ini sangat tinggi, karena itu bila Anda belum menguasai berbagai macam kue bisa untuk mengambil kursus singkat untuk mempelajarinya.

Jenis usaha makanan rumahan ini tentunya sangat cocok dilakukan oleh karyawan dan ibu rumah tangga karena bisa dilakukan secara insidental.

16. Usaha Makanan Kolak

Seperti yang diketahui bersama saat Ramadhan terutama menjelang buka puasa, banyak orang yang mendadak menjadi seorang penjual. Beragam makanan ringan maupun berat pun bisa ditemui di rumah-rumah, lapangan komplek, maupun pinggir jalan komplek.

Aneka makanan yang disajikan begitu unik, salah satunya adalah menyajikan makanan kolak. Makanan yang terbuat dari pisang tersebut begitu laris menjelang buka puasa saat bulan Ramadhan.

Jenis usaha makanan rumahan ini bersifat insidental. Artinya peminat kolak akan tinggi saat moment Ramadhan.

17. Usaha Makanan Ayam Goreng

Di Indonesia, sangat banyak tersedia penjual ayam goreng setengah matang. Ya, ayam tersebut tentunya sudah dipotong-potong dan dimasak setengah matang bersama bumbu khsusus.

Selain daging ayam, para penjual ayam ini juga menjual ati, ampela, usus, ceker, dan lain-lain yang ternyata laku dipasaran.

Karena itu, untuk Anda yang masih bingung membuka jenis usaha makanan rumahan bisa menjual makanan tersebut.

Untuk menambah skill memasak ayam goreng, Anda bisa mengunjungi situs resep makanan khas nusantara di kumpulan resep masakan nusantara, salah satunya membahas berbagai resep masakan berbahan dasar ayam.

Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mencari agen potong ayam murah dengan kualitas terbaik didaerah rumah Anda maupun di pasar tradisional.

18. Usaha Makanan Nasi Goreng

Nasi goreng adalah salah satu kuliner di indonesia yang disukai semua orang. untuk membuatnya sendiri sangatlah mudah bisa dibuat oleh siapapun. Namun, terkadang masih saja ada orang yang malas atau tak mampu membuatnya.

Karena tergolong mudah dimasakanya, maka jenis kuliner ini bisa dijadikan sebagai jenis usaha makanan rumahan.

Bahan baku yang digunakan pun mudah untuk didapatkan. hanya saja, Anda perlu bermain dalam toping nasi goreng tersebut. Karena saat ini sudah sangat banyak orang yang menjual nasi goreng.

19. Usaha Makanan Pecel

Di Pulau jawa usaha makanan pecel ini dikenal menjadi dua bagian yang pertama di daerah Madiun sangat banyak ditemukan pecel Madiun yang berbahan dasarnya berasal dari sayuran.

Selain pecel sayuran dikenal pula pecel lele yang sudah tersebar di berbagai daerah di indonesia. Tentu saja bahan dasar dari pecel lele tersebut adalah ikan lele yang dicampur dengan bumbu pedas yang khas.

Biasanya usaha pecel ini juga banayk ditemukan di pusat keramaian ibu kota dengan menggunakan gerobak.

Namun, tak perlu mencemaskan hal tersebut karena usaha pecel pun bisa dilakukan di rumah. Selain ikan lele dan sayuran, ciri khas dari jenis usaha makanan rumahan ini adalah terdapat nasi, tahu, tempe, dan lalapan yang memang harus Anda siapkan pula.

20. Usaha Makanan Lotek

Makanan lotek ini sangat familiar di pulau Jawa khususnya Jawa Barat. Lotek ini terbuat dari sayuran diantaranya adalah kol, kangkung, tauge, mentimun, terung, dan lain-lain.

Bahan sayuran tersebut disatukan dan diberi bumbu kacang. Sekilas memang mirip dengan pecel hanya saja bumbu kacang pada lotek kayak akan rempah-rempah salah satunya adalah terdapat kencur yang membuat lotek memiliki rasa yang khas.

Membuka usaha makanan lotek ini tentunya sangat bisa untuk dilakukan di rumah. Karena kebanyak penjual dari jenis usaha makanan rumahan ini adalah wanita terutama ibu rumah tangga.

21. Usaha Catering

Jenis usaha makanan rumahan berikutnya adalah usaha catering. Usaha tersebut bisa diperuntukkan bagi seseorang yang akan mengadakan pesta pernikahan, acara silahturahim, syukuran, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang senang memasak tentunya akan lebih mudah untuk membuka usaha tersebut. Namun, untuk Anda yang belum mahir memasak bisa bekerja sama dengan orang lain untuk membuka usaha catering.

Usaha catering ini juga bisa pula diperuntukkan instansi, sekolah, ataupun pesantren.

22. Usaha Membuat Bekal Anak

Banyak orang tua yang mengeluhkan nafsu makan anak-anaknya. Bisa jadi hal tersebut dikarenakan sang anak bosan dengan menu yang disajikan.

Karena hal tersebut, ada beberapa orang yang memanfaatkanya sebagai lahan untuk membuka bisnis. Bisnis yang bisa dibuka dari hal tersebut adalah dengan membuka usaha membuat bekal anak dengan toping serta bentuk yang menarik.

Pada dasarnya bahan yang diperlukan untuk membuka usaha tersebut adalah nasih, sayuran, lauk-pauk, dan juga buah-buahan. Yang membuat menarik adalah cara penyajiannya yang unik sehingga Anak tertarik untuk makan.

Tentu saja usaha tersebut mauk dalam kategori jenis usaha makanan rumahan yang cukup menjanjikan terutama untuk ibu rumah tangga.

23. Usaha Membuat Makanan Diet

Beberapa waktu silam arti ibu kota viral dengan sebuah endorse yang ditampilkan di media sosialnya. Artis tersebut memposting makanan diet yang dikonsumsinya beserta tempat pembelian makanan tersebut.

Lantas saja pemilik usaha tersebut mendapatkan pesanan yang berlimpah. Hal tersebut membuktikan bahwa masyarakat indonesia menginginkan sesuatu yang berbeda, praktis, dan juga unik.

Karena itu membuka usaha makanan diet bisa menjadi pilihan untuk Anda membuka usaha. Terutama untuk  jenis usaha makanan rumahan.

24. Usaha Membuat Makanan Bayi

Bagi sebagian wanita sekaligus ibu yang berkarier terkadang tak ada waktu untuk menyiapkan keperluan makan sang anak.

Selain itu, masih ada juga yang bingung untuk memberikan makan pada anak di usia 6 bulan atau saat sudah MPASI.

Keadaan tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha membuat makanan bayi. Biasanya makanan tersebut dalam bentuk tim atau bubur yang sudah dikemas.

Bila Anda belum mahir dalam pembuatannya, bisa mencari produsen pembuat makanan bayi di daerah Anda yang biasanya sudah ada di kota-kota besar Indonesia.

Tentu saja usaha ini masuk dalam jenis usaha makanan rumahan karena memang untuk pembuatan makanan bayi bisa dilakukan di rumah.

25. Usaha Membuat Makanan Olahan Ikan

Di Indonesia selain kaya akan sayuran, buah-buahan, juga kayak akan ikan-ikan segar yang layak untuk dimakan.

Hanya saja untuk ikan ini tidak banyak yang menyukainya. Karena itu banyak yang mengolah ikan sebagai bahan olahan makanan lain seperti keripik, kerupuk, baso, dan lain sebagainya.

Untuk Anda yang asih bingung untuk membuka usaha, membuat makanan olahan ikan bisa menjadi salah satu solusinya.

Bila belum mahir dalam pengolahannya, Anda bisa menjadi seorang marketing atau reseller yang menjual hasil olahan ikan dari pihak produsen.

26. Usaha Makanan Sosis Bakar

Sosis bakar saat ini sudah banyak ditemukan di tempat keramaian yang ada di pusat kota. Para penjual banyak yang menjual sosis bakar dengan peralatan sederhana.

Peminat utama makanan tersebut adalah anak-anak , remaja, dan ada pula para orang dewasa. Selain dijajakan di pusat keramaian, usaha tersebut bisa dilakukan di rumah.

Yang perlu Anda siapkan adalah sosis, alata pembakaran, kemasan, dan juga saos untuk pelengkap makanan tersebut.

Belakangan ini banyak pula orang-orang yang membuka usaha sosis bakar di rumah-rumah. Karena itu tak perlu menyewa tempat untuk membukanya.

27. Usaha Makanan Pempek

Makanan pempek adalah makanan khas Palembang yang sudah ada di sebagai besar kota besar Indonesia.

Karena itu pempek pun bisa dibilang sebagai usaha makanan yang cukup menjanjikan. Tak perlu untuk menjadi chef yang membuat pempek, karena Anda bisa membelinya langsung dari agen atau produsen pempek ternama di kota Anda.

Begitu pula denga cuka pempek yang khasnya, semua sudah dibuatkan dengan lengkap. Tugas Anda seperti biasa tinggal untuk menggorengnya kemudian menjualnya.

Banyak pengusaha makanan ini yang sudah sukses membuka cabang hingga didaerah Indonesia lainnya. Karena itu, tak perlu ragu untuk membuka jenis usaha makanan rumahan tersebut.

28. Usaha Makanan Olahan Durian

Semua sepakat bahwsannya durian adalah salah satu buah paling enak di Indonesia bahkan dunia. Belakangan ini banyak orang yang mengolah durian menjadi makanan olahan yang bervariasi.

Salah satunya olahan durian tersebut adalah pancake durian, es krim durian, sop durian, dan lain sebagainya.

Begitu menggidanya durian, usaha ini bisa dikategorikan sebagai jenis usaha makanan rumahan yang menjanjikan. Karena peminat durian pun semakin hari semakin banyak terlebih ketika sudah ada sistem online, penjualan durian pun meningkat tajam.

29. Usaha Makanan Puding Batik

Puding pada umumnya dikenal dengan warna-warni yang cantik ditambah fla manis yang menggoda.

Namun, seiring berjalannya waktu makanan penutup puding pun mengalami kemajuan dengan adanya desain makanan puding batik.

Puding batik tersebut tercipta karena adanya alat khusus yang mebuat puding pun tampak menarik.

Untuk Anda yang tertarik membuatnya bisa terlebih dahulu untuk kursus membuat puding batik sebelum di pasarkan.

Bila ditekuni dengan serius akan menjadi jenis usaha makanan rumahan yang sangat menjanjikan.

30. Usaha Makanan Berbahan Dasar Jagung

Jagung ini memang mudah ditemukan di Indonesia. karena banyaknya jagung banyak orang yang berinovasi menjadikan jagung sebagai bahan makan olahan seperti jagung bakar, popocorn, jasuke (kagunung, susu, keju), dan lain sebagainya.

Tentunya dengan banyaknya bahan olah tersbeut bisa Anda jadikan peluang untuk membuka jenis usaha makanan rumahan berbahan dasar jagung.

Penutup

Bagiamana menarik bukan pembahasan mengenai jenis usaha makanan rumahan? Ternyata bila digali lebih dalam di depan kita banyak sekali peluang untuk berwirausaha.

Dari bahan kuliner tersebut, bisa dijadikan pundi-pundi penghasilan yang menjanjikan. Terlebih tak ada lagi alasan yang mendasar seperti tak ada modal atau tempat.

Karena sejatinya usaha itu tercpita atas daar kemauan, kesadaran, serta ketekunan dari dir sendiri. Semoga bermanfaat dan semoga sukses untuk berwirausaha.

Artikel Terkait :

Loading...