Hasil Menggiurkan, Inilah 4 Usaha Pertanian yang Menguntungkan!

usaha pertanian menguntungkan (1)
usaha pertanian menguntungkan (1)

Indonesia dikenal sebagai agraris. Berhektar-hektar lahan entah di dataran tinggi atau dataran rendah, banyak yang dikelola di bidang pertanian. Namun bagi beberapa orang, bekerja di bisnis pertanian tidaklah terlihat ‘mentereng’. Bahkan banyak yang menilai kalau pertanian adalah sebuah pekerjaan yang identik dengan orang-orang di kawasan pedesaan. Mereka yang sukses jadi pekerja kantoran justru dianggap lebih keren.

Namun apakah ini benar? Ternyata tidak. Bisnis pertanian justru mampu menghasilkan pendapatan yang jauh lebih besar daripada pekerja kantoran yang dirasa tampil mempesona. Meskipun harus bekerja di luar ruangan di bawah terik matahari, basah oleh air hujan dan harus mengurusi segala hal mulai pemupukan sampai panen, sektor pertanian lah yang menjadi penggerak roda perekonomian terbesar di Indonesia.

Dilansir Antara, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa sektor perekonomian yang paling banyak menyerap tenaga kerja di Indonesia adalah bidang pertanian (per Februari 2017). Dari 124,54 juta penduduk usia produktif di Indonesia, 31,86 % di antaranya atau sekitar 39,68 juta bekerja di bidang pertanian. Dari fakta ini membuktikan kalau ketertarikan masyarakat untuk menggarap lahan pertanian masih cukup besar. Untuk itulah jika Anda ingin memulai bisnis, maka bidang pertanian adalah pilihan yang tepat.

Baca juga: Kumpulan Kata Motivasi Sukses dari Bob Sadino, Bikin Makin Semangat Berbisnis!

Mengulas 4 Usaha Pertanian yang Bisa Hasilkan Untung Melimpah

Satu alasan kenapa bisnis pertanian masih sangat menjanjikan di manapun Anda berada adalah karena sektor ini menerapkan teori ekonomi klasik. Maksudnya adalah apabila ingin meraup keuntungan maksimal, maka sumber daya yang ada harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Hanya saja supaya bisnis pertanian bisa memberikan dampak berkelanjutan, Anda sebagai pemilik sekaligus pengelola wajib memiliki wawasan lingkungan.

Dengan wawasan lingkungan yang baik, bisnis pertanian berkelanjutan bakal memberikan manfaat produksi yang stabil sepanjang tahun, mencegah kerusakan lingkungan hingga keuntungan ekonomi melimpah. Nah, supaya tidak salah pilih, berikut ini adalah empat usaha pertanian yang berpeluang menghasilkan keuntungan besar untuk Anda.

1. Tanaman Pertanian Organik

usaha pertanian menguntungkan - tanaman organik
usaha pertanian menguntungkan – tanaman organik

Semakin majunya sebuah peradaban, jelas gaya hidup masyarakat di daerah tersebut ikut berubah. Hal inilah yang akhir-akhir ini terjadi di Indonesia. Salah satu gaya hidup yang berubah seiring dengan perkembangan zaman adalah pemahaman hidup sehat. Tidak hanya menerapkan rutinitas olahraga, hidup sehat juga tercermin dari bahan pangan yang dikonsumsi. Menjawab permintaan ini, bisnis pertanian organik semakin meningkat.

Berbeda dengan pertanian pada umumnya, pertanian organik sama sekali tidak menggunakan pupuk berbahan kimia sehingga produk yang dihasilkan lebih sehat serta unggul. Karena tak menggunakan pestisida dan peptisida yang memiliki kandungan zat kimia, pertanian organik dianggap lebih sehat dan sesuai dengan gaya hidup masyarakat modern. Bagi para petani, pertanian organik pun cenderung tak butuh lahan luas karena bisa dikelola di area terbatas menggunakan media hidroponik.

Hal inilah yang bisa menjadi pertimbangan calon pebisnis pertanian untuk memilih jenis tanaman pertanian organik. Keuntungannya selain memang produknya sehat, sayuran atau buah organik punya nilai jual yang tinggi. Anda bisa menawarkan produk pertanian organik di supermarket modern atau komoditi ekspor karena memang pangsa pasar yang sudah terbentuk. Hanya saja meskipun keuntungan harga jual yang lebih besar, untuk mengelola pertanian organik dibutuhkan keuletan lebih tinggi. Kenapa begitu? Karena minimnya penggunaan pupuk kimia membuat tanaman harus lebih dijaga dari masalah hama.

2. Budidaya Tanaman Hias

usaha pertanian menguntungkan - tanaman hias
usaha pertanian menguntungkan – tanaman hias

Inilah peluang usaha pertanian yang cukup menjanjikan lainnya jika Anda enggan mengelola tanaman pangan. Termasuk komoditas hortikultura, budidaya tanaman hias masuk dalam kategori florikultura yang memang sangat cocok dikembangkan di negara tropis seperti Indonesia. Meskipun mungkin konsumennya tidak sebesar varietas pangan, budidaya tanaman hias mampu memberikan keuntungan menjanjikan.

Baca juga: Dijamin Laris! Inilah 9 Jenis Usaha Paling Menguntungkan di Area Kampus

Kenapa begitu? Kembali lagi kepada gaya hidup masyarakat modern yang menginginkan hunian asri dan indah melalui tanaman hias. Baik di perkotaan atau pedesaan, budidaya tanaman hias sudah memiliki target pasar tersendiri. Bukan hanya untuk konsumen perorangan, keberadaan tanaman hias juga sangat dibutuhkan untuk tata kota, bangunan instansi pemerintah serta fasilitas umum.

Banyaknya jenis tanaman hias yang bisa dibudidayakan seperti mawar, melati, anyelir, begonia, anggrek hingga bonsai membuat peluang usaha pertanian satu ini sangat efektif dan efisien. Meskipun untuk menghasilkan tanaman hias yang indah dipandang membutuhkan waktu dan kesabaran, percayalah, harga jual yang tinggi akan memberikan hasil yang benar-benar memuaskan.

3. Menyediakan Bibit Berkualitas

usaha pertanian menguntungkan - bibit tanaman
usaha pertanian menguntungkan – bibit tanaman

Satu hal yang kerap membuat para petani bangkrut adalah produk yang dipanen tidak sesuai harapan dikarenakan menggunakan bibit tidak berkualitas. Hal ini seharusnya bisa Anda sadari untuk menciptakan peluang usaha bibit pertanian. Ada banyak bibit yang bisa Anda tawarkan sesuai dengan kemampuan seperti bibit tanaman pangan atau aneka varietas hortikultura seperti frutikultur, florakultura, olerikultura, biofarmaka hingga lansekap.

Hanya saja untuk bisa menciptakan bibit tanaman berkualitas, memang butuh perjuangan dan pengetahuan yang mumpuni. Anda harus bisa menerapkan metode pembibitan yang tepat dan bekualitas supaya memang bibit yang ditawarkan benar-benar unggul. Tidak perlu harus wajib lulusan sarjana pertanian, karena metode pembibitan berkualitas bisa dipelajari melalui internet, sekalipun memang membutuhkan pengalaman.

Dengan bibit yang terbukti unggul dan rentan hama hingga mampu memberi hasil melimpah, produk Anda ini jelas bakal diburu para petani. Prospek bisnis pun bisa berkembang dengan pesat mulai dari konsumen petani skala kecil sampai industri pertanian dengan lahan super luas. Asalkan kualitas bisa terjaga dan terus meningkat, penjualan bibit tanaman ini bisa memberikan omzet melimpah ruah untuk Anda.

4. Pelayanan Produk dan Jasa Pertanian Modern

usaha pertanian menguntungkan - layanan pertanian modern
usaha pertanian menguntungkan – layanan pertanian modern

Dan inilah peluang usaha pertanian menjanjikan terakhir yang wajib Anda lakukan. Yap, sediakan pelayanan produk dan jasa pertanian dengan sentuhan modern. Kenapa begitu? Karena tidak semua petani memiliki kemampuan mengembangkan bisnis dan mengelola lingkungan dengan baik. Anda bisa menciptakan tim konsultan khusus petani yang memberikan solusi-solusi agribisnis.

Anda pun bisa menjual produk-produk yang dibutuhkan petani mulai dari pupuk, alat-alat dan mesin pertanian, Haruskah memiliki toko besar untuk jenis usaha ini? Tidak juga. Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan mengelola toko online. Bahkan bukan tak mungkin, Anda juga menyediakan blog/website khusus yang membahas segala hal mengenai pertanian. Jika blog itu dikelola secara konsisten, bakal menjadi rujukan banyak petani-petani modern dan menghasilkan iklan untuk Anda.

Baca juga: 10 Ide Bisnis StartUp Paling Potensial di 2019, Layak untuk Dicoba!

Tak berhenti di situ, pelayanan produk dan jasa pertanian modern juga memberikan peluang bagi Anda sebagai pelaku ekspor/impor komoditas agraria. Tak banyak pelaku ekspor/impor yang akhirnya membuat banyak produk pertanian ekonomi berkualitas di Indonesia selalu jeblok harga jualnya. Asalkan Anda punya pengetahuan pertanian yang baik, jiwa pemimpin dan komunikasi yang bagus, menjadi jasa perantara ekspor/impor akan sangat menguntungkan.

Nah, bagaimana? Dari empat peluang usaha pertanian di atas, terbukti kan kalau bisnis agraria tidak harus di pedesaan dan memiliki lahan luas. Anda bisa memanfaatkan peluang sesuai dengan kemampuan dan kemauan yang dimiliki, sehingga mampu memberikan hasil sebesar mereka yang punya lahan berhektar-hektar. Asalkan ada kemampuan, maka di situ bakal selalu ada jalan. Salam petani Indonesia!

Loading...