Wajib Dipahami, Inilah 5 Jenis Asuransi yang Harus Anda Miliki

Asuransi jiwa

Tidak ada yang tahu akan masa depan. Ya, kalimat ini memang dipahami betul oleh semua orang sehingga manusia sejak zaman dulu sudah melakukan persiapan demi menyambut masa depan. Mulai dari mengumpulkan uang supaya kesejahteraan finansial di hari tua terjamin sampai tidak berhutang dan memiliki aset bergerak agar bisa hidup tenang. Namun dengan perkembangan zaman, ada produk keuangan yang bisa sangat membantu yakni asuransi.

Bahkan semakin ke sini, jenis-jenis asuransi makin beragam bukan hanya memberikan perlindungan terhadap manusia saja. Kenapa bisa begitu? Semua disebabkan oleh kekhawatiran setiap orang terhadap aset yang dimiliki. Manusia jelas ingin melindungi hal-hal yang penting bagi dirinya, sehingga bersedia melakukan apapun untuk menjaganya. Lewat asuransi, solusi itu bisa terwujud hanya saja tidak semua orang cukup paham atas asuransi.

Baca juga: Inilah 6 Keuntungan yang Hanya Bisa Ditemukan di Asuransi Syariah! Tertarik?

Tak percaya? Coba Anda lihat dan baca isi polis asuransi yang baru saja dibeli, tentu tidak semua kalimat yang digunakan bisa dipahami bukan? Banyak orang yang menganggap remeh hal ini, padahal memiliki dampak yang sangat penting berkaitan dengan total manfaat, berbagai jenis proteksi dan masa perlindungan yang Anda miliki. Kalau Anda tidak memperhatikan dengan jeli perihal polis, bukan tak mungkin bakal merugi karena selalu membayar cicilan angsuran setiap bulannya.

Dengan memahami asuransi secara bijak, Anda tentu bisa memperoleh berbagai manfaat yang luar biasa. Karena dengan adanya asuransi, Anda sudah mempersiapkan diri terhadap berbagai musibah yang bisa saja dialami di masa depan. Karena itulah, tak ada salahnya jika Anda banyak bertanya sebelum memutuskan membeli sebuah produk asuransi. Lantaran bagaimanapun, asuransi adalah hal yang sangat penting bagi manusia bahkan beberapa di antaranya wajib dimiliki. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini!

Inilah 5 Jenis Asuransi yang Wajib Dimiliki di Era Saat Ini

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan

Semua orang benar-benar paham bahwa kesehatan itu mahal harganya. Dengan zaman yang terus berkembang, biaya kesehatan pun semakin melambung. Bahkan beberapa operasi memiliki tarif yang sangat fantastis, sehingga membuat banyak orang sampai menjual harta benda supaya memperoleh pengobatan terbaik. Banyak cerita orang yang mengalami kebangkrutan karena terpaksa menjual rumah, tanah hingga kendaraan bermotor demi biaya operasi.

Tentu tidak ada satupun manusia di dunia ini yang berharap kehidupannya menjadi berantakan hanya karena seluruh harta ludes demi pengobatan. Untuk itulah muncul yang namanya asuransi kesehatan sebagai produk investasi yang mampu memberikan ketenangan. Seperti namanya, asuransi kesehatan terbaik bertugas untuk memberi perlindungan terhadap seluruh biaya kesehatan entah operasi, inap di rumah sakit atau sekadar konsultasi dokter.

Jika Anda bekerja di perusahaan swasta atau lembaga pemerintah, layanan asuransi kesehatan adalah hal utama dan menjadi hak setiap karyawan. Perusahaan memiliki tanggung jawab moral untuk menjaga kesehatan seluruh pegawai mereka dan biasanya turut menanggung anggota keluarga (2-3 orang). Namun bagi Anda yang seorang wirausaha, bisa memilih produk asuransi kesehatan tersendiri. Beruntung saat ini pemerintah sudah memiliki asuransi untuk seluruh rakyatnya lewat BPJS Kesehatan. Dengan biaya premi yang cukup murah, Anda sekeluarga bisa memperoleh manfaat perlindungan yang sangat layak.

2. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan

Seperti layaknya asuransi, produk asuransi kendaraan ini memberikan proteksi atas segala musibah yang dialami pemilik kendaraan termasuk kehilangan. Sehingga bagi Anda si pemilik kendaraan, bisa merasa jauh lebih nyaman kala berkendara di jalan raya lantaran sudah memiliki asuransi. Setidaknya ada jenis produk asuransi kendaraan yang beredar di pasaran yakni:

a. Total Lost Only (TLO)

Disebut sebagai Total Lost Only, jenis asuransi kendaraan yang satu ini hanya akan menanggung kerugian yang Anda derita sebesar 70-80%. Karena memang fokusnya lebih pada kehilangan kendaraan, asalkan bukan kasus penggelapan.

b. All Risk

Seperti namanya, All Risk adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan terhadap seluruh risiko sesuai yang tercantum dalam polis. Jika Anda membeli kendaraan bermotor lewat cicilan, biasanya perusahaan leasing akan menyertakannya dalam asuransi. Namun saat kendaraan itu lunas, pertanggungan pun hilang sehingga seluruh risiko yang terjadi menjadi tanggung jawab pemilik.

Baca juga: Hendak Pilih Asuransi Pendidikan? Ini 6 Hal yang Harus Anda Perhatikan

3. Asuransi Rumah

Asuransi rumah

Rumah adalah aset yang sangat penting dengan nilai ekonomi cukup tinggi. Ketika terjadi musibah seperti kebakaran, gempa bumi atau banjir, tentu bisa merusak bagian-bagian rumah yang membuat nilai ekonominya langsung anjlok. Bahkan bukan tak mungkin jika rumah yang sebelumnya Anda beli dengan harga miliaran, bisa turun drastis karena kondisinya rusak akibat musibah.

Tentu jelas Anda tak ingin mengalami hal seperti itu, bukan? Untuk itulah mulai mempertimbangkan asuransi rumah bisa menjadi solusi terbaik. Sama seperti produk asuransi lainnya, Anda harus banyak bertanya kepada pihak asuransi mengenai prosesur, besaran polis hingga manfaat yang bakal diperoleh sebelum membeli sebuah asuransi rumah. Biasanya beberapa asuransi rumah akan memberi layanan tambahan seperti asuransi listrik sampai asuransi musibah (gempa dan banjir).

Baca juga: Inilah 5 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Paling Gampang dan Cepat!

4. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa

Nah, inilah produk asuransi yang paling tradisional dan bisa dibilang paling penting. Tak heran kalau pengguna asuransi jiwa sangatlah banyak baik di belahan bumi manapun. Berbeda dengan lainnya, asuransi jiwa hanya akan mengeluarkan bentuk pertanggungan setelah orang tersebut meninggal dunia. Uang pertanggungan itu bisa dicairkan kepada ahli waris yang sudah ditentukan dalam polis. Dalam konteks keluarga, asuransi jiwa sangat penting karena mampu menjamin kesejahteraan anggota keluarga yang ditinggalkan.

Berbeda dengan asuransi kesehatan, asuransi jiwa hanya memberikan bentuk pertanggungan melalui kematian. Beberapa perusahaan terutama yang memiliki bidang kerja cukup berisiko, wajib memberikan asuransi jiwa yang sangat menjamin. Di Indonesia sendiri, pemerintah memberikan asuransi jiwa lewat produk Jasa Raharja bagi setiap pengendara jalan raya. Ketika terjadi musibah kecelakaan dan menelan korban jiwa, biasanya asuransi jiwa ini akan cair kepada keluarga korban.

5. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan

Semua orang tentu ingin buah hati memiliki pendidikan yang layak. Memahami bahwa biaya pendidikan juga ikut melambung seperti biaya kesehatan, banyak perusahaan asuransi yang kini berlomba-lomba menawarkan produk asuransi pendidikan. Seperti namanya, asuransi pendidikan ini memberikan jaminan biaya sebagai bentuk perlindungan untuk seseorang yang terdaftar dalam polis sampai jenjang pendidikan tertentu.

Bagi Anda yang baru menikah dan sedang merencanakan program anak, tentu bisa mulai melirik asuransi pendidikan. Hanya saja yang wajib dipahami adalah Anda harus tahu seperti apa total dan kapan nilai pertanggungan itu dicairkan. Jangan sampai ketika buah hati Anda hendak masuk sekolah menengah atau universitas menjadi gagal lantaran asuransi pendidikan tidak bisa dicairkan.

Baca juga: Cara Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik Bagi Anak

Bagaimana? Cukup penting bukan dalam memahami berbagai jenis asuransi yang ada? Untuk itulah jika Anda memang ingin memperoleh perlindungan dalam seluruh kehidupan, bisa mulai mempertimbangkan asuransi-asuransi yang sudah dibahas. Kini bahkan juga asuransi yang bisa menjadi sebuah investasi dan dicairkan lebih fleksibel lewat produk Unit Link. Pastikan juga sebelum memilih asuransi, harus sesuai dengan kemampuan Anda dalam membayar. Jangan sampai keuangan jadi bermasalah atau gagal membayar cicilan asuransi sehingga tak bisa memperoleh manfaatnya.

Scroll to Top